Training Pengembangan Diri untuk Karyawan Perusahaan

training pengembangan diri untuk karyawan perusahaan

Training pengembangan diri untuk karyawan perusahaan sangat penting dilakukan secara berkala. Di dalam sebuah perusahaan, sumber daya manusia alias pekerja merupakan komponen penting yang akan membantu perusahaan terus bergerak atau beroperasi.

Sumber daya manusia sejak awal bekerja tentu memiliki semangat dalam menjalani pekerjaannya. Namun ada saat dimana semua itu mulai menurun, kemudian hal itu diperbaiki dengan mengadakan pelatihan pengembangan diri untuk karyawan perusahaan.

Biasanya pihak manajemen sumber daya manusia bisa menilai kapan seorang karyawan di perusahaan membutuhkan pengembangan. Tidak heran jika seseorang membutuhkan program seperti ini, karena semakin lama seseorang harus berusaha mengupgrade dirinya.

Training pengembangan diri ini akan direncanakan oleh pihak manajemen sumber daya manusia dengan mendatangkan mentor terbaik. Program pengembangan diri bisa diberikan kepada seluruh atau sebagian karyawan yang butuh saja.

Pelatihan ini tentu bukan sekedar program yang dirancang oleh perusahaan untuk karyawan. Karena setelah mengikuti pelatihannya, karyawan akan merasakan manfaat untuk diri mereka sendiri. Itu sebabnya jangan menghindari jenis pelatihan ini, karena akan sangat berguna nanti.

Manfaat Training Pengembangan Diri untuk Karyawan Perusahaan

Karyawan dalam perusahaan melakukan pekerjaan yang berulang setiap hari. Pasti bagi mereka, kehidupan dalam bekerja sangat monoton dengan jam istirahat yang sudah diatur dan terbatas. Bahkan jam berangkat kerja dan pulang kerja, semuanya sudah ditentukan.

Kehidupan monoton ini cenderung membuat para karyawan merasa kehidupannya kurang bebas. Berawal dari hal ini, para pekerja akan mulai merasakan kejenuhan yang sangat dalam. Sampai – sampai berpengaruh pada kinerja, produktivitas dan semangat dalam bekerja.

Hal ini bukan kabar baik bagi perusahaan. Karena secara tidak langsung, menurunnya kinerja seorang pekerja akan berdampak besar pada performance perusahaan. Untuk mempertahankannya, perusahaan membuat program ini dengan manfaat sebagai berikut.

1. Meningkatkan kualitas diri

Manfaat awal dari diadakannya training pengembangan diri untuk karyawan perusahaan adalah karyawan dapat meningkatkan kualitas diri. Sehingga cara pandang orang lain tidak akan rendah dan buruk lagi.

Meningkatnya kualitas diri ini juga akan membantu menambahkan rasa percaya diri. Mentor terbaik dalam pelatihan pengembangan sangat memahami bagaimana cara mempengaruhi pekerja untuk lebih menonjolkan kelebihan yang dimiliki.

Kualitas dalam diri akan semakin meningkat seiring mengikuti pelatihan. Hal ini akan membuatmu berkualitas baik secara kepribadian, kinerja, cara berpikir dan cara memecahkan masalah. Anda akan merasa luar biasa dan sangat percaya pada diri Anda.

2. Meningkatkan kinerja

Manfaat training pengembangan diri untuk karyawan perusahaan lainnya adalah pekerja mampu meningkatkan kinerja mereka yang sempat menurun. Bahkan hal ini berpengaruh langsung dan merugikan perusahaan yang menaungi pekerja itu.

Namun menurunnya kinerja bukanlah hal baru yang tidak wajar terjadi. Bahkan hal ini sudah sangat lumrah sehingga setiap perusahaan memang sengaja menganggarkan dana dan menyiapkan waktu untuk mengadakan pelatihan pengembangan karyawan.

Sebaiknya sebagai pekerja, kinerja harus berusaha ditingkatkan lagi setelah mendapatkan pelatihan. Namun sejauh ini hanya sedikit pekerja yang tidak meningkatkan kualitas kerja setelah pelatihan. Karena biasanya kinerja pasti meningkat.

3. Meningkatkan motivasi dan semangat

Meningkatkan motivasi dan semangat dalam bekerja sudah menjadi bagian dari manfaat training pengembangan diri untuk karyawan perusahaan yang pasti dirasakan. Hal ini akan membantu proses penataan awal niat dalam bekerja dengan semangat baru.

Untuk melakukan suatu kegiatan, setiap orang membutuhkan motivasi dan semangat. Hanya dalam pelatihan pengembangan, Anda akan diajak berpikir dan merasakan semangat yang ada di dalam dirimu. Sehingga akan ada usaha memperbaiki kinerja.

Mentor paling handal akan mengajakmu mencari motivasi yang berasal dari kehidupan pribadi. Misalnya motivasi menghidupi keluarga, membeli suatu barang, atau mencari pengalaman. Semua orang pasti bekerja dengan tujuan dan ambisi pada awalnya.

4. Menambah skill bar

Dengan mengikuti training pengembangan diri untuk karyawan perusahaan, Anda juga akan mendapat manfaat seperti skill baru. Baik soft skill atau hard skill. Namun kebanyakan, dalam pelatihan seperti ini Anda akan lebih banyak mendapatkan soft skill. 

Anda akan berkembang di banyak bidang, mulai dari meningkatkan kemampuan komunikasi. Tidak hanya komunikasi 2 arah namun juga 1 arah. Anda akan belajar cara menyampaikan sesuatu dengan baik kepada para atasan atau kolega kerjamu.

Selain itu, Anda juga akan belajar cara memecahkan masalah dengan menemukan solusi. Skill ini sangat berguna untuk diri sendiri dan perusahaan. Dalam proses pelatihan, pastikan Anda mendengar dan memahami semuanya dengan seksama.

5. Memahami tujuan awal

Mengikuti training pengembangan diri untuk karyawan perusahaan juga akan membantu memahami apa tujuan awal bekerja. Seperti yang Anda ketahui, lapangan kerja di Indonesia cukup sempit dan sulit mendapatkannya.

Selain menaikkan kualitas diri secara kepribadian dan kinerja, Anda juga diharapkan mampu bersyukur atas pekerjaan yang didapat. Sehingga Anda tidak boleh menyerah di tengah jalan dan harus menjalani pekerjaan tersebut secara maksimal sampai akhir.

Mungkin Anda bertanya – tanya, kapan training pengembangan diri untuk karyawan perusahaan ini tepat dilakukan. Dengan manfaat terbaik ini, mustahil ada karyawan yang tidak mau mengikuti programnya. Namun ada kondisi tertentu yang membuat program ini dilakukan.

Kapan Harus Mengadakan Latihan Pengembangan?

Beberapa perusahaan ada yang sudah menjadwalkan kapan saja pelatihan harus dilakukan. Namun ada juga perusahaan yang mengadakan pelatihan berdasarkan pengamatan terhadap karyawan. Inilah ciri – ciri yang menyebabkan pelatihan pengembangan harus diadakan.

1. Ketika kinerja menurun

Ciri – ciri paling utama adalah menurunnya kinerja. Ciri ini merupakan salah satu hal yang bisa diamati dengan mudah. menurunnya kinerja pekerja dapat terjadi karena beberapa faktor mulai dari kejenuhan atau masalah pribadi.

Apapun faktor penyebabnya, masih bisa diatasi dengan mengadakan training pengembangan diri untuk karyawan perusahaan dengan mentor terbaik.

2. Ketika karyawan sering melakukan kesalahan

Jika seorang pekerja sudah sering melakukan kesalahan, itu artinya mereka sudah mulai sulit focus pada pekerjaan. Skill mereka harus diupgrade lebih baik lagi dan memperbaiki kualitas dirinya.

3. Ketika karyawan sering bolos

Ciri – ciri paling parah adalah jika pekerja sudah mulai sering bolos kerja. Sebaiknya tawarkan kepada pekerja ini untuk mengikuti pelatihan. Jika masih tertarik untuk bekerja, seharusnya pekerja itu mau mengikuti pelatihan pengembangannya.

Segera adakan latihan pengembangan ketika sudah melihat kondisi kerja pekerja seperti itu. Anda bisa mengundang salah satu mentor pengembangan terbaik seperti Ferdie Soethiono. Beliau merupakan pembicara handal dengan berbagai pengalaman di bidang ini.

Ferdie Soethiono sudah banyak menangani pelatihan pengembangan, seminar dan lain sebagainya. sudah banyak klien mempercayainya dan terus menggunakan jasanya hingga kini. Keahlian berbicaranya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Berdasarkan pengalaman dan keahliannya, Anda bisa mempercayakan program ini kepada Ferdie Soethiono. Kunjungi website https://ferdiesoethiono.com/ untuk melihat layanan lainnya.

Di website tersebut, Anda juga bisa menghubungi kontak Ferdie Soethiono secara langsung. Anda bisa mengajukan permintaan untuk mengadakan training pengembangan diri untuk karyawan perusahaan dimanapun Anda berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *