Top 5 Topik Seminar Pendidikan Menarik Beserta Tujuannya

topik seminar pendidikan

Harus membuat seminar pendidikan, tapi tidak tahu harus mengambil topik seminar pendidikan apa? Takut jika salah memilih topik lalu tidak banyak peserta yang datang?

Seminar pendidikan sendiri adalah platform penting untuk berbagi pengetahuan dan memperluas wawasan di bidang pendidikan. Ada banyak sekali topik yang bisa diangkat dalam acara tersebut.

Di artikel ini, kami akan membahas lima topik seminar Pendidikan menarik beserta tujuannya, untuk memberi Anda inspirasi dalam mengadakan seminar yang bermanfaat.

Apa Tujuan dari Seminar?

topik seminar

Seminar ialah pertemuan yang membahas mengenai suatu masalah dengan dipimpin oleh seorang ahli. Ahli dalam hal ini dapat berupa dosen, guru besar, pakar, peneliti maupun yang lainnya.

Dalam rangkaian acara seminar, umumnya narasumber akan menyampaikan penjelasan mengenai topik, lantas dilanjutkan interaksi tanya jawab dengan peserta. Lantas, apa tujuan dari seminar?

Tujuan dari seminar adalah untuk menyediakan platform interaktif di mana peserta dapat berbagi, memperoleh, dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang topik yang spesifik.

Peserta dapat memperoleh pengetahuan melalui penjelasan dari narasumber. Lantas, bisa bertukar pikiran melalui sesi tanya jawab dengan narasumber. Bahkan, bisa pula mendapatkan pengetahuan baru dari tanggapan peserta lainnya.

5 Topik Seminar Pendidikan

Public speaking di era digital

Dunia pendidikan senantiasa berkembang seiring berjalannya waktu, tidak jauh berbeda dengan bidang lainnya. Sehingga ada banyak sekali topik yang dapat diangkat dalam sebuah seminar.

Anda juga dapat mengundang para profesional untuk membahas topik seminar pendidikan yang menarik bersama peserta. Berikut ini beberapa topik yang bisa dipertimbangkan.

1. Peningkatan Keterampilan Mengajar

Pembelajaran bisa dianggap sebagai proses membagikan informasi dari tenaga pendidik ke peserta didik. Dalam hal tersebut, tenaga pendidik perlu memodifikasi informasinya supaya mampu diserap oleh peserta didik secara benar dan menyeluruh.

Kemampuan guru untuk menyampaikan informasi ketika kegiatan belajar mengajar di kelas tentu bukan hal sederhana. Perlu mempunyai keterampilan mengajar supaya peserta didik bisa belajar termasuk juga meraih tujuan pembelajaran.

Oleh sebab itu, topik seminar peningkatan keterampilan mengajar akan membantu guru untuk melaksanakan tugas mengajar secara efektif, efisien dan profesional. Berikut ini beberapa keterampilan mengajar yang dapat disampaikan dalam seminar.

· Keterampilan Bertanya

Melalui aktivitas bertanya, guru bisa memperoleh penjelasan yang dipahami oleh peserta didik. Sebab, pertanyaan dari guru akan mendorong peserta didik untuk berpikir. Selain itu, akan meningkatkan keterlibatan peserta didik ketika proses pembelajaran.

· Keterampilan Memberikan Penguatan

Penguatan ialah semua bentuk respons, bisa dalam bentuk verbal atau nonverbal. Penguatan ini ditujukan sebagai umpan balik untuk peserta didik, bisa berupa dorongan maupun koreksi. Topik seminar ini akan membantu guru untuk memberikan penguatan.

· Keterampilan Membuat Variasi Stimulus

Variasi stimulus berkaitan dengan perilaku guru yang disengaja maupun secara spontan, tujuannya ialah menarik perhatian peserta didik ketika proses belajar mengajar di kelas. Variasi stimulus akan mencegah kebosanan dan membuat perhatian tertuju ke pelajaran.

· Stimulus

Topik seminar ini juga dapat membahas tentang keterampilan mengelola kelas. Setiap peserta didik pasti mempunyai karakter tersendiri. Sehingga guru harus memperhatikan setiap peserta didik dengan baik agar tercipta kondisi belajar yang optimal.

2. Pengembangan Kurikulum

Pengembangan kurikulum ialah aktivitas merencanakan dan menyusun kurikulum, biasanya dilakukan oleh para pengembang kurikulum. Melalui pengembangan kurikulum, tujuan pendidikan nasional akan tercapai.

Pengembangan kurikulum tergolong topik seminar yang selalu bisa dipilih. Sebab, kurikulum sifatnya dinamis, yakni dapat dikembangkan dan disempurnakan menyesuaikan tuntutan zaman.

Contoh dari pengembangan kurikulum, coba perhatikan era pendidikan di abad ke-21 sekarang. Apakah kurikulum 1994 masih relevan apabila digunakan saat ini?

Jawabannya adalah tidak relevan, sebab tuntutan zamannya telah berbeda. Apabila di masa sekarang masih memaksakan ingin menggunakan kurikulum lama, tentu pendidikan akan sulit berkembang menuju pendidikan berkemajuan.

Meskipun topik seminar pengembangan kurikulum mengikuti tuntutan zaman, bukan berarti penyusunan kurikulumnya lantas dirubah total. Pengembangan kurikulum wajib berakar.

Karena, akar yang kokoh akan menjadikan pohon tumbuh tinggi menjulang tanpa tergoyahkan oleh terpaan angin. Maksud dari analog ini ialah bahwa pengembangan kurikulum wajib berakar ke falsafah hidup bangsa.

Jadi, walaupun harus menyesuaikan tuntutan zaman, pengembangan kurikulum harus berpegang pada falsafah hidup bangsa. Sehingga dapat tercipta generasi baru yang maju namun tetap menjunjung tinggi identitas bangsa.

3. Pembelajaran Berbasis Proyek

Pembelajaran berbasis proyek atau project based learning tergolong topik seminar yang cukup menarik. Metode pembelajaran ini memanfaatkan proyek atau kegiatan sebagai medianya.

Metode pembelajaran tersebut mengandalkan masalah sebagai langkah pertama untuk mencari dan menghubungkan pengetahuan baru dengan bersandar pada pengalaman di dunia nyata.

Karena setiap peserta didik mempunyai gaya belajar berbeda, topik seminar akan membantu guru untuk mengajak peserta didik menggali materi mengandalkan beragam cara bermakna dan menjalankan eksperimen secara kolaboratif.

Metode pembelajaran berbasis proyek akan sangat membantu guru untuk mengembangkan proses pembelajaran secara inovatif. Peserta didik juga bisa mendapatkan solusi dari beragam permasalahan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

4. Inklusi dan Diversitas

Sudahkah Anda tahu bahwa sistem penyelenggaraan pendidikan terbagi menjadi dua? Ada jenis eksklusif dan inklusif. Tentu ini tergolong topik seminar pendidikan yang menarik. Pendidikan eksklusif sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara pendidikan inklusif masih jarang dijumpai di tanah air. Jenis inklusif ini merupakan sistem dalam menyelenggarakan pendidikan secara terbuka untuk semua orang meskipun mempunyai latar belakang atau keadaan berbeda.

Jenis inklusif ini memungkinkan anak berkebutuhan khusus bisa belajar bersama dengan anak didik lainnya. Jadi, anak berkebutuhan khusus dapat hidup dalam lingkungan umum dengan tetap mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Topik seminar pendidikan inklusif dapat membantu peserta terutama tenaga pendidik untuk mengetahui cara menempatkan siswa dengan kebutuhan pada kelas. Kemudian juga menyesuaikan metode pengajaran mengingat kondisi setiap siswa sangat berbeda.

Pendidikan inklusif sendiri dianggap mampu mengembangkan bakat peserta didik secara maksimal. Setiap, setiap peserta didik pasti mempunyai potensi bakat berbeda.

Melalui inklusi dan diversitas, dapat terhindarkan diskriminasi berdasarkan umur, disabilitas, gender, ras, etnis, agama maupun alasan lainnya.

5. Pendidikan Karakter

Topik seminar lain yang tidak kalah menarik adalah pendidikan karakter. Sistem pendidikan ini mempunyai tujuan menanamkan nilai-nilai karakter untuk peserta didik. Biasanya memuat komponen pengetahuan, kesadaran dan tindakan dalam menjalankan nilai.

Pendidikan karakter sendiri adalah suatu upaya manusia dalam mendidik dan mengembangkan potensi peserta didik sehingga mampu membangun karakter pribadinya untuk menjadi individu yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun lingkungan.

Topik seminar pendidikan yang menarik ini juga begitu lekat hubungannya dengan pendidikan moral. Sebab, tujuan pendidikan karakter ialah membentuk dan melatih kemampuan peserta didik untuk menyempurnakan diri menuju hidup yang lebih baik.

Seminar pendidikan sangat membantu dalam membagikan pengetahuan dalam bidang pendidikan. Ada banyak sekali topik seminar yang bisa diangkat dalam acara tersebut, seperti peningkatan keterampilan mengajar, pengembangan kurikulum dan lainnya.

Pelajari lebih lanjut tentang ide tema pengembangan diri. Klik disini untuk membaca artikel ini selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *