Mengenal Pentingnya Self Development Planning

self development planning

Self development planning merupakan hal penting dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk diri sendiri. Karena terkadang seseorang lebih fokus pada pekerjaan dan orang lain daripada dirinya sendiri.

Jika terus diabaikan maka akan berpengaruh pada psikologi Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Maka untuk meminimalkan berbagai hal yang dapat merusak mental maka sebaiknya pelajari hal ini.

Pembahasan kali ini sangat menarik agar Anda bisa lebih memahami pentingnya pengembangan diri. Serta 3 langkah self development dan manfaat yang bisa didapatkan jika berhasil menerapkan hal ini. Luangkan waktu Anda untuk menyimak penjelasan singkat terkait pengembangan diri berikut ini.

Pengertian Dasar Tentang Self Development

Mungkin masih banyak orang belum memahami apa yang dimaksud dengan self development? Jika Anda salah satunya, jangan khawatir karena tidak ada kata terlambat untuk mengenali diri sendiri dengan segala potensinya.

Pengertian self development planning jika ditranslate ke bahasa Indonesia maka dapat disimpulkan perencanaan pengembangan diri. Sedangkan menurut KBBI adalah proses, perbuatan, cara untuk mengembangkan segala potensi dalam dirinya.

Dapat disimpulkan jika proses yang dilakukan seseorang tersebut untuk membuat versi lebih baik dirinya sendiri. Ada perencanaan tentang perubahan agar bisa lebih baik dalam menjalani kehidupan.

Terkadang seseorang juga menyebut sebagai strategi untuk bisa mengembangkan bakat, potensi, kesadaran diri serta kemampuan seseorang. Sehingga self development planning sangat penting pengaruhnya dalam membuat sebuah perubahan.

Secara sederhana tujuan utamanya adalah untuk membuat kualitas hidup seseorang menjadi lebih baik. Hal ini karena adanya niat dan semangat untuk terus berusaha mengubah, memperbaiki serta mengembangkan potensi diri.

Perubahan ini tidak didapatkan secara instan namun karena konsisten maka akan dirasakan hasilnya. Apalagi karena perencanaan dibuat sebaik mungkin sehingga risiko kegagalan menjadi lebih kecil.

Namun perlu diketahui setiap orang memiliki self development planning berbeda sesuai dengan tujuan hidupnya. Disebabkan juga karena kebutuhan setiap orang berbeda maka rencananya juga akan berbeda juga.

Banyak sekali kata-kata bijak tentang pengembangan diri yang bisa dijadikan motivasi untuk terus berusaha. Memang tidak mudah namun dengan adanya semangat dan rencana matang pasti semua proses bisa dilalui dengan baik.

Manfaat Membuat Rencana Pengembangan Diri dengan Tepat

Seseorang yang memiliki self development planning akan merasakan manfaat berdampak positif dalam dirinya. Berikut beberapa contoh manfaat yang bisa Anda rasakan langsung berikut ini.

1. Lebih jelas tujuan dan caranya

Dengan adanya sebuah perencaan membuat tujuan yang akan Anda capai menjadi lebih jelas. Termasuk tentang cara-cara yang akan dilakukan bisa lebih mudah dipahami dan dikerjakan. Jadi bukan sekedar ikut-ikutan atau coba-coba namun sudah direncanakan sebaik mungkin.

2. Mampu membuka peluang

Manfaat self development planning lainnya adalah mampu membuka peluang baru untuk berbagai hal baik. Anda lebih siap menghadapi berbagai peluang dan tidak mudah menyerah dengan kegagalan.

Terkadang seseorang yang tidak mau mengembangkan dirinya akan sulit menerima berbagai peluang. Akibatnya akan kehilangan berbagai kesempatan yang sebenarnya memberikan keuntungan dalam hidupnya.

3. Menjadi versi lebih baik

Dalam proses pengembangan diri akan sangat terasa manfaatnya karena Anda bisa menjadi versi lebih baik. Baik secara fisik, mental, menerima diri sendiri dan berbagai hal lain yang berdampak positif dalam hidup.

Menjadi versi lebih baik bukan berarti Anda harus sukses dulu dengan membandingkan atas pencapaian orang lain. Namun perbandingan sesungguhnya adalah Anda di masa lalu dengan saat ini yang jauh lebih baik.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat self development planning terakhir yaitu mampu membuat Anda menjadi lebih percaya diri. Kepercayaan diri ini muncul setelah Anda mengenali potensi dalam diri yang bisa dikembangkan namun diabaikan selama ini.

Rasa percaya diri ini tidak hanya berdampak pada skill saja namun bisa mempengaruhi kebahagiaan Anda. Seseorang yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi akan siap menghadapi apapun dalam hidupnya.

Baca juga : 5 Hal Utama untuk Membangun Self Development Skills

6 Cara untuk Bisa Mengembangkan Diri

contoh pengembangan diri

Mungkin Anda tertarik untuk mencoba pengembangan diri namun tidak tahu apa yang termasuk self development? Simak 6 cara yang bisa Anda coba untuk mengembangkan berbagai potensi dalam diri berikut ini.

1. Mengenal diri sendiri

Tujuan utama self development planning adalah untuk perubahan lebih baik maka Anda harus mengenali diri sendiri. Dengan mengenal betul diri sendiri maka tahu apa yang harus diubah dan apa saja perlu dikembangkan.

2. Pahami tujuan hidup

Cara kedua Anda harus memahami apa sebenarnya tujuan hidup baik jangka pendek maupun jangka panjang. Memiliki tujuan dalam hidup membuat Anda seakan memiliki petunjuk jalan tentang apa saja perlu dilakukan.

3. Terus belajar

Seseorang yang ingin merubah dirinya maka harus mau untuk terus belajar dari apapun. Belajar bukan sekedar di lingkup pendidikan formal namun bisa juga belajar dari pengalaman dan kegagalan.

4. Baca buku

Cara selanjutnya adalah dengan membuat perencanaan membaca buku. Buku akan membantu Anda membuka wawasan terutama buku-buku yang berkaitan dengan self development planning.

5. Jaga kesehatan

Penting bagi Anda menjaga kesehatan fisik dan mental agar bisa melakukan pengembangan pada diri sendiri. Fisik dan mental yang sehat akan sangat membantu adanya perubahan tanpa beban.

6. Belajar bersama ahli

Belajar sendiri terkadang membuat Anda tidak bersemangat sehingga membutuhkan bimbingan ahli. Cari mentor profesional seperti Pak Ferdie agar bisa merasakan hasilnya secara nyata.

Ciri-Ciri Seseorang yang Berhasil Mengembangkan Dirinya

Tahukah Anda seseorang yang berhasil menerapkan self development planning memiliki ciri-ciri khusus. Hal ini karena dampak positif yang dirasakan orang tersebut akan sangat terasa bagi orang lain.

Ciri pertama seseorang akan lebih mengenal, memahami serta menerima diri mereka apa adanya. Penerimaan seperti ini terlihat sepele namun sangat sulit dilakukan apalagi jika penuh dengan kekurangan.

Menyadari kalau diri sendiri penuh kekurangan justru membuat Anda bisa menggali potensi yang ada. Jadi bukan lagi fokus pada kelemahan dan kekurangan saja namun berusaha mencari cara agar bisa memperbaiki agar menjadi kelebihan.

Ciri kedua yaitu seseorang akan memiliki pola hidup yang lebih tertata dan berkualitas. Proses pengembangan diri ini mengajarkan banyak hal terutama mengatur kehidupan lebih baik lagi.

Termasuk melakukan perubahan terhadap pola hidup yang berdampak positif bagi kesehatan. Hidup teratur bukan sekedar dalam lingkup kerja dan bisnis namun dimulai dari kehidupan pribadi.

Seperti memulai kebiasaan tidur tepat waktu, tidak melewatkan jam makan hingga rajin membaca buku setiap harinya. Semua langkah kecil tersebut menunjang perubahan dalam proses mengembangkan kemampuan diri.

Ciri seseorang yang sudah berhasil melewati fase ini yaitu bisa dengan mudah mendapatkan relasi. Anda bisa menemukan lingkungan yang baik sehingga bisa mendorong pertumbuhan ke arah positif.

Agar bisa mewujudkan hal tersebut maka Anda bisa meminta bantuan mentor khusus pelatihan dan training. Hubungi saja Pak Ferdie untuk melakukan konsultasi dengan kirim pesan via email di ferdie.leaderslead@gmail.com.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap di website kami https://ferdiesoethiono.com/. Dapatkan bimbingan self development planning yang mudah dipelajari namun akan terasa hasilnya dalam waktu singkat.

Baca juga: Mentor Self Development Skill Terpercaya Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *