Menjadi Pemimpin yang Baik Itu Seperti Apa? Simak Disini

menjadi pemimpin yang baik

Menjadi pemimpin yang baik adalah keinginan semua orang, dimana mereka bisa amanah dalam mengerjakan tugas dan kewajibannya. Sayangnya hal tersebut tidak mudah dilakukan oleh semua pemimpin, karena mereka lalai mengerjakan tugas dan memilih urusan pribadi.

Setiap orang pasti memiliki sisi dimana dia ingin menjadi seorang pemimpin, yang memberi arahan kepada orang lain. Serta banyak peluang terbuka untuk Anda, karena kemampuan ini dibutuhkan di banyak tempat, apalagi dalam dunia pekerjaan seperti saat ini.

Tidak sulit sebetulnya menjadi pemimpin yang baik, namun setidaknya Anda harus paham bagaimana bersikap menjadi leader yang mampu dipandang positif oleh para bawahannya. Dibutuhkan jiwa kepemimpinan untuk bisa memimpin orang lain apalagi dalam skala besar.

Setiap orang dalam suatu organisasi atau perusahaan harus memiliki tujuan yang sama, agar pemikiran atau ide diberikan juga sejalan. Penting memiliki seorang leader dapat diandalkan, karena mereka bisa memberi arahan dan membimbing anggota dengan baik.

Tips Menjadi Pemimpin yang Baik dan Mudah untuk Diterapkan

pentingnya public speaking

Jika ingin belajar menjadi seorang pemimpin, maka kami akan menjelaskan apa saja tips bisa diberikan dan tentunya dapat Anda terapkan. Menjadi ketua memang tidak mudah, akan selalu ada tantangan dan risiko harus dihadapi nantinya.

1. Mampu Memberi Pujian

Salah satu tipsnya yaitu memberi pujian, tidak harus mengapresiasi secara berlebihan, karena terkadang mendapat pujian dari atasan atas hasil kerja keras sudah kita lakukan, dapat membuat bawahan merasa lebih semangat dan bekerja lebih giat lagi.

Pemimpin yang baik itu seperti apa? Tidak ada salahnya jika memberi pujian, sikap ini menunjukkan bahwa pemimpin mengakui kerja keras mereka. Dapat memuji secara langsung atau memberi catatan pribadi, tentu akan memberi kesan positif dari bawahan Anda.

2. Menjadi Pemimpin Bukan Bos

Penting untuk mengingatkan diri, bahwa Anda adalah sosok leader yang perlu bersikap secara transparan kepada bawahan. Menjelaskan tujuan dari tugas diberikan serta bisa mengarahkan dengan baik, agar bawahan juga memahami maksud dan tujuan dari tugas.

Bukan hanya memerintah tanpa memberi penjelasan atas tujuan dari perintah tersebut, sikap ini sering dilakukan oleh seorang bos. Menjadi pemimpin yang baik memang harus bisa lebih mengutamakan karyawan, dan tidak mengutamakan kepentingan pribadi.

3. Kelilingi Diri dengan Orang Positif

Memang benar jika lingkungan bisa berpengaruh pada diri sendiri, seperti halnya dalam dunia pekerjaan. Perlu untuk dikelilingi oleh orang positif yang mau bekerja keras bersama-sama, karena lingkungan tersebut juga akan mendorong diri menjadi lebih baik lagi.

Bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik dalam organisasi? Pilihlah orang yang bekerja dengan giat dan rajin, bukan hanya sekedar berprestasi tinggi. Secara tidak langsung, mereka bisa membuat diri menjadi pemimpin baik dan berkualitas.

4. Mencintai Tim Anda

Dalam dunia pekerjaan memang penting membangun hubungan baik antar rekan, baik atasan dengan bawahan maupun sebaliknya. Kondisi ini akan menciptakan suasana harmonis dalam pekerjaan, selain itu penting juga menghargai setiap orang di dalam tim Anda.

Menjadi pemimpin yang baik harus mencintai tim mereka, karena merekalah orang-orang berperan penting dalam meraih tujuan. Perlakukan mereka layaknya seperti keluarga, tunjukkan kepedulian terhadap satu sama lain.

Dengan begitu tidak akan mudah bagi tim untuk terpecah belah, bangun suasana menyenangkan dalam organisasi atau perusahaan. Rekatkan hubungan dengan sesekali makan malam bersama, agar bisa saling mengenal satu sama lain dengan baik.

5. Memimpin dengan Memberi Contoh

Menjadi pemimpin yang baik tidak hanya memerintah, tapi bisa memberi contoh dari setiap arahan diberikan. Bimbinglah mereka sampai bawahan Anda memahami dengan baik, apa tujuan dan proses yang harus dilakukan agar tugas terselesaikan dengan baik.

Jika mereka gagal dalam menyelesaikan pekerjaan, bukan hanya bawahan Anda yang perlu menginstropeksi apa yang salah dalam pekerjaannya. Namun pemimpin juga membenahi diri, untuk mencari tau apa yang keliru dari arahan yang diberikan.

Apa yang membuat seorang pemimpin hebat? Menurut kami seorang pemimpin bisa dinilai hebat, jika mereka mampu mendorong para bawahannya menjadi versi terbaik dari mereka sendiri, serta mampu menyelesaikan pekerjaan secara maksimal.

6. Berani Mengatakan “Tidak”

Meski seorang ketua harus membangun suasana harmonis dalam organisasi juga perusahaan, bukan berarti Anda harus mengiyakan semua hal yang berpengaruh besar pada perusahaan. Seorang pemimpin harus memiliki integritas, serta tegas dalam menyatakan pendapatnya.

Mereka berani mengatakan “tidak”, jika keputusan berpengaruh buruk pada perusahaan. Menjadi pemimpin yang baik mengharuskan Anda untuk memilah, mana keputusan bisa berpengaruh baik atau buruk kepada perusahaan atau organisasi yang dipimpin.

7. Profesional

Sikap profesional juga dibutuhkan untuk menjadi seorang leader, jangan gabungkan urusan pribadi saat Anda sudah berada di lingkungan organisasi. Meskipun memiliki masalah dengan anggota di dalam organisasi, bukan berarti Anda bisa membawanya ke lingkungan kerja.

Cara menjadi pemimpin yang baik dalam sebuah organisasi yaitu harus bisa bersikap profesional, seperti halnya jika Anda melakukan kesalahan. Tidak perlu malu atau rendah diri untuk mengakui kesalahan tersebut, karena hal tersebut bisa dicontoh oleh para bawahan nantinya.

8. Memberdayakan Orang Lain

Banyak cara untuk memberdayakan orang lain, seperti halnya dalam ruang lingkup pekerjaan atau organisasi, Anda bisa membekali mereka dengan ilmu atau mengajarkan ke bawahan mengenai tugas akan mereka jalani sampai mereka memahaminya.

Menjadi pemimpin yang baik perlu memikirkan bawahannya, bekali mereka dengan ilmu yang Anda miliki agar menjadi pribadi bermanfaat. Tenang saja, ilmu yang Anda berikan tidak akan habis begitu saja, melainkan akan terus bertambah jika semakin banyak memberinya.

9. Setia

Meningkatkan loyalitas kepada karyawan terbilang penting, karena sikap tersebut membuat para anggota di tim Anda menjadi lebih setia. Memang adakalanya anggota tim akan berganti, jika salah satu anggota Anda sudah tidak bisa bekerja bersama dengan Anda lagi.

Tapi menjadi pemimpin yang baik juga harus bisa menanamkan rasa loyalitas antar sesama, dibutuhkan kesetiaan penuh dari orang bekerja bersama dengan Anda. Kesetiaan yang ditunjukkan oleh pemimpin, akan menjadi contoh bagi para anggota di dalam tim Anda.

10. Mempercayai Orang Lain

Mempercayai orang lain juga menjadi sikap perlu Anda miliki, memang penting untuk tidak mudah mempercayai orang lain. Namun Anda juga perlu membuka diri, untuk memberikan kepercayaan kepada orang lain apalagi anggota di dalam tim.

Menjadi pemimpin yang baik harus bisa mempercayakan anggotanya, jika mereka tidak bisa memanfaatkan kepercayaan diberikan, maka saat itulah Anda bisa menindak tegas anggota tersebut, disamping itu Anda juga harus bisa dipegang kepercayaannya oleh para anggota.

Menjadi seorang pemimpin adalah keinginan bagi banyak orang, namun akan sulit untuk menerapkannya jika Anda tidak memiliki sikap-sikap seperti diatas. Maka dari itu Anda bisa mengikuti pelatihan atau training, sehingga jiwa kepemimpinan akan timbul nantinya.

Dengan mengikuti pelatihan diadakan oleh Ferdie Soethiono, Anda akan menerima banyak manfaat. Konsultasi atau menghubungi Pak Ferdie, untuk menjadi mentor Anda, melalui email ferdie.leaderslead@gmail.com, atau berkunjung ke web https://ferdiesoethiono.com/.

Dengan senang hati kami akan membimbing Anda dengan baik, karena kami yakin jika setiap orang memiliki jiwa kepemimpinan di dalam dirinya dan ingin menjadi pemimpin yang baik.

Baca juga: Cara Ampuh Melatih Jiwa Pemimpin dalam Diri Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *