Yuk Belajar Leadership yang Baik Langsung dari Mentornya

Leadership yang baik

Belajar leadership yang baik bisa melalui mentor berpengalaman. Tapi, pastikan mentor tersebut memang benar-benar berpengalaman dan terpercaya supaya memberikan feedback maksimal sesuai keinginan.

Seiring berjalannya waktu semakin marak muncul mentor yang membawakan materi tentang leadership. Tapi, tidak semuanya memberikan jaminan kualitas, sehingga penting untuk selektif dan berhati-hati dalam memilih.

Ketika hendak memilih mentor kepemimpinan, terapkan beberapa tips sebagaimana akan dibahas pada uraian berikut. Tapi sebelum itu, simak hal-hal mengenai leadership, leader, cara menjadi pemimpin yang baik serta topik relevan lainnya.

Memahami Sekilas Tentang Apa Itu Leadership serta Leader

8 cara public speaking yang baik

Belajar leadership yang baik memang akan memberikan hasil sesuai dengan keinginan. Tapi, apakah Anda sudah paham betul pengertian dari leadership itu sendiri? Istilah ini dalam harfiah memiliki makna kepemimpinan.

Pengertian lebih lengkapnya yaitu sebuah kemampuan untuk mempengaruhi, mengarahkan serta mendorong orang lain supaya melakukan hal-hal tertentu demi tercapainya tujuan diinginkan. Dalam makna lain disebut juga sebagai gaya memimpin seseorang.

Bila leadership adalah sikap kepemimpinan, lalu leader itu artinya apa? Leader merupakan pemimpin. Makna lebih lengkapnya yaitu seseorang yang mempunyai kemampuan, keterampilan serta kekuatan untuk memimpin dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Inilah 5 Langkah Menuju Leadership Penting Dipahami

Leadership merupakan ilmu yang bisa dipelajari oleh siapa saja tanpa terkecuali, bukan masalah bakat. Kembali lagi kepada kemauan dalam diri tertarik untuk belajar memimpin atau tidak. Apa sajakah 5 langkah menuju kepemimpinan? Berikut ini ulasannya dan bisa Anda coba terapkan:

1. Sikap Mental Positif

Langkah menuju leadership yang baik pertama yaitu memiliki sikap mental positif. Hal ini menjadi modal utama penting dimiliki oleh seorang pemimpin. Sebab, mental mencakup banyak aspek, yakni cara berbicara, berpikir serta bertingkah laku.

Sikap mental positif dimaksud dalam hal apa saja, mulai dari sistem, peluang, anggota dan lain-lain. Mental akan berpengaruh besar terhadap bagaimana nantinya bersikap, sehingga perlu dibentuk dengan positif.

2. Bertanggung Jawab

Langkah berikutnya adalah bertanggung jawab terhadap apapun yang dilakukan. Beberapa contohnya seperti kedatangan saat memiliki kegiatan tertentu, baik itu dalam hal kerja maupun sekolah, profesionalisme, penampilan dan lain sebagainya.

3. Bekerja Sama dengan Orang Lain

Dalam leadership yang baik tentu akan dihadapkan dengan kerja sama. Baik itu dalam hal belajar maupun mengajari orang lain. Bila Anda sudah berhasil bisa membagikan ilmunya kepada orang lain.

Sedangkan bila belum, bisa mencoba untuk belajar kepada orang lain yang sudah berhasil. Sangat penting untuk belajar menerima dan mengakui kekurangan dalam diri. Sebab, dengan pengakuan ini, bisa dijadikan acuan agar berusaha memperbaiki.

4. Memahami Sistem dan Menerapkannya Setiap Hari

Sistem merupakan sebuah rel yang akan menjadi patokan untuk mencapai tujuan. Jadi, bisa dikatakan sistem adalah salah satu bagian dari senjata utama yang penting dimiliki dalam sebuah organisasi dan perlu diterapkan setiap hari.

5. Memperoleh Keuntungan

Langkah menuju leadership yang baik terakhir yaitu memperoleh keuntungan. Walaupun tujuan akhir adalah keuntungan atau mendapatkan goal sesuai keinginan, Anda harus tetap fokus terhadap sebab bukan akibat.

Beberapa Cara Menjadi Leader yang Baik Bisa Diterapkan

tema public speaking yang menarik

Dalam sebuah organisasi tentu ada pemimpin, tapi tidak semuanya sudah menerapkan prinsip leadership dengan baik. Lalu, leader yang baik itu seperti apa? Yaitu mereka yang memiliki sikap tegas, kuat serta rendah hati.

Walaupun mempunyai sikap rendah hati, bukan berarti pemimpin tidak yakin terhadap dirinya atau lemah. Melainkan menunjukkan bahwa pemimpin tersebut mempunyai rasa percaya diri dengan kadar cukup dan sadar terhadap kapasitas kemampuannya.

Supaya tercapai leadership yang baik, berarti Anda harus berusaha menjadi pemimpin yang baik. Sebenarnya ada banyak cara bisa dilakukan untuk menjadi seorang leader baik, beberapa di antaranya:

1. Kritis, Terbuka dan Mau Mendengarkan Saran Orang Lain

Seorang pemimpin harus kritis, terbuka serta mau mendengarkan saran dari orang lain. Tidak semua gagasan yang dikeluarkan selalu memberikan solusi terbaik. Terkadang juga membutuhkan saran dan kritikan dari orang lain.

Bukan berarti semua saran dan kritikan mereka diterima secara mentah-mentah alias langsung diikuti. Anda bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan dalam membuat keputusan supaya mendapatkan langkah akhir terbaik.

2. Kecerdasan Emosionalnya Tinggi

Agar tercapai leadership yang baik, seorang pemimpin perlu memiliki kecerdasan emosional tinggi. Jadi, mereka perlu memiliki kemampuan mengelola ritme emosi atau perasaan dengan baik dan tidak mudah terpancing.

3. Attitudenya Tidak Menyimpang

Attitude atau etika leader sangat penting menjadi perhatian. Etika ini mencakup berbagai hal, seperti keberanian, tanggung jawab dan kejujuran. Jangan biarkan menyimpang karena sepandai apapun pemimpin, bila etikanya buruk akan tetap dipandang tidak baik.

4. Mengakui Kesalahan dan Tidak Menutupinya

Cara selanjutnya yaitu mengakui kesalahan dan tidak menutupinya. Seorang leader perlu memiliki jiwa besar untuk mengakui kesalahan bila memang salah karena itu merupakan sebagian dari tanggung jawabnya.

Mengakui kesalahan membutuhkan mental kuat dan keberanian tinggi, apalagi di hadapan banyak orang. Tapi akan lebih dihargai dari pada melemparkan kesalahan kepada orang lain. Kesalahan tersebut dijadikan pelajaran untuk menjadi pribadi lebih baik lagi.

5. Berwawasan Luas

Cara terakhir supaya terbentuk leadership yang baik yaitu berwawasan luas. Dengan wawasan ini akan memudahkan dalam menemukan solusi dari sebuah permasalahan. Selain itu juga melancarkan komunikasi dengan orang lain.

Baca juga : Materi Seminar Kepemimpinan Terlengkap 2022

Beberapa Kriteria Leader Buruk Penting Dihindari untuk Tidak Dilakukan

Dalam sebuah organisasi, ada saja leader dengan kepemimpinan buruk dan tidak patut menjadi teladan. Pertanyaannya, pemimpin yang buruk itu seperti apa? Berikut ini ada beberapa kriteria leader buruk dan penting dihindari untuk tidak dilakukan, diantaranya:

1. Tidak Mau Menerima Kritikan dan Saran dari Orang Lain

Kriteria pertama, tidak mau menerima kritikan dan saran dari orang lain. Walaupun pemimpin mempunyai otoritas penuh dalam pengambilan keputusan, bukan berarti mengabaikan saran orang lain yang mungkin lebih cocok untuk diterapkan.

Sedangkan kritikan, bisa dijadikan evaluasi untuk bersikap lebih baik lagi. Bila menolak mentah-mentah kritikan, pemimpin tidak akan menjadi pribadi lebih baik, tapi justru sebaliknya.

2. Berbicara Menggunakan Bahasa Kasar

Bila ingin mencapai leadership yang baik, sebagai pemimpin tidak seharusnya berbicara memakai bahasa kasar. Selain itu, tidak disarankan jarang melakukan komunikasi dengan anggota tim. Sebab, intensitas komunikasi akan membantu membangun kedekatan.

Penting diingat bahwa dalam sebuah hubungan dengan orang lain, salah satu kunci utama keberhasilan adalah komunikasi. Ketika berbicara menggunakan kata kasar, tidak menjamin bisa diterima begitu saja oleh lawan bicara.

Pasti ada saja dari mereka merasa kesal, marah, tersinggung dan tentu saja kaget. Ketika kondisi seperti ini terjadi, bisa meningkatkan tekanan anggota tim. Akibatnya, kinerja mereka berpotensi menurun yang tentu saja tidak efektif dalam pengerjaan proyek.

3. Ketika Gagal Menyalahkan Tim

Kriteria leader buruk selanjutnya adalah ketika gagal menyalahkan tim. Ketika terbiasa melakukan sikap seperti ini, akan sulit mencapai leadership yang baik. Apalagi bila kesalahan tersebut sebenarnya tidak dilakukan oleh anggota tim, melainkan Anda sendiri.

Hubungan terjalin antara pemimpin dan anggota tim dalam sebuah proyek adalah tanggung jawab bersama. Jadi, ketika ternyata mengalami kegagalan, semuanya akan sama-sama menanggung. Begitu pula saat mengalami keberhasilan atas pencapaian.

4. Merusak Motivasi Anggota Tim

Pemimpin dengan kriteria buruk bukannya memberikan semangat kepada para anggota tim, tapi malah merusak motivasi mereka. Salah satunya dengan cara memberikan ancaman tertentu bila anggota tidak melakukan seperti yang diinginkan.

Penting diingat bahwa semangat anggota tim itu sangat penting dimiliki. Sebab, dalam pengerjaan sebuah proyek, tidak akan berhasil tanpa kerja sama baik antara pemimpin dengan anggota tim. Jadi, tidak seharusnya leader malah merusak motivasi mereka.

5. Bermalas-malasan

Sebagai pemimpin, bila ingin mencapai leadership yang baik sebaiknya tidak bermalas-malasan. Seharusnya leader mencontohkan hal-hal baik kepada para anggota supaya dijadikan teladan, bukan malah sebaliknya.

Tips Memilih Mentor Tepat Supaya Tercipta Leadership yang Baik

Bila membahas mentor mencakup berbagai materi, salah satunya leadership. Supaya kepemimpinan baik terwujud, sangat penting untuk memilih mentor tepat. Beberapa tips bisa dilakukan supaya mendapatkannya antara lain:

1. Sudah Berpengalaman

Pastikan mentor sudah berpengalaman di bidang kepemimpinan. Mengenai hal ini bisa dibuktikan dengan pencapaian apa saja yang pernah mentor tersebut raih. Pencapaian ini nantinya bisa menjadi inspirasi dan motivasi.

Perhatikan seberapa banyak orang sudah berhasil dan sukses setelah dibimbing oleh mentor tersebut. Peran mentor ini sangat penting karena akan membantu Anda mencapai tujuan, sehingga tidak boleh asal pilih.

2. Memberikan Dukungan Mewujudkan Tujuan

Pilih mentor yang memberikan dukungan kepada Anda dalam mewujudkan tujuan. Mentor seperti ini akan sangat membantu Anda dalam mencapai leadership yang baik. Bagaimanapun juga, motivasi dari orang lain juga perlu, salah satunya mentor.

Jadi, sebaiknya cari mentor dengan pemikiran optimis serta berani melangkah. Tujuannya supaya pemikiran dan sikap positifnya bisa tertular kepada Anda, sehingga menjadikan lebih semangat.

3. Sesuai Bidang

Tips memilih mentor terakhir yaitu cari sesuai bidang kepemimpinan. Ketika Anda memilih pembimbing dengan bidang tidak relevan, tentu tidak akan tercapai tujuan sesuai keinginan.

Bisa tercapai leadership yang baik ketika mentor menguasai bidang tersebut. Jadi, Anda bisa mendapatkan materi sesuai kebutuhan. Selain itu, mempermudah berdiskusi mengenai kepemimpinan karena dibimbing oleh ahlinya.

Ketika mentor memberikan kesempatan waktu sesi tanya jawab, juga bisa dimanfaatkan untuk menanyakan hal-hal yang ingin diketahui. Mentor sesuai bidang akan lebih mudah memberikan referensi sumber untuk belajar.

Seperti Apa Leader yang Berhasil Itu?

Apakah Anda pernah bertanya-tanya, sebenarnya pemimpin yang berhasil itu seperti apa? Jadi, jawabannya adalah pemimpin yang dapat melahirkan leader baru dalam organisasi tersebut. Sedangkan leader ideal mampu menyelesaikan beragam masalah kompleks.

Dalam penyelesaian masalah tersebut disertai kreativitas. Bila ingin mencapai leadership yang baik, berarti Anda perlu terbiasa menyelesaikan masalah dengan baik. Baik itu kategori permasalahan ringan maupun berat.

Sebagai seorang leader sudah sepatutnya dapat menginspirasi, memenuhi keperluan organisasi serta mempunyai solusi kreatif. Untuk mengukur keberhasilan pemimpin bisa diketahui dengan memperhatikan hasil kinerja mereka.

Apakah sudah mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya atau belum. Mengenai tujuan untuk setiap organisasi tentu berbeda. Dengan tujuan sama, setiap anggota akan diberikan tugas demi tercapainya goal tersebut.

Bagi Anda yang sedang mencari mentor leader profesional tapi memberikan harga terjangkau, hubungi saja Pak Ferdie. Bila tertarik untuk belajar leadership yang baik langsung dari mentor Pak Ferdie atau ingin konsultasi terlebih dahulu, kirim email lewat ferdie.leaderslead@gmail.com atau kunjungi website https://ferdiesoethiono.com/ .

Baca juga : Kursus Kepemimpinan Mentor Berpengalaman Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *