Yuk Intip Manfaat dan Implementasi In House Training

Implementasi In House Training

In house training merupakan strategi pelatihan di dalam perusahaan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan karyawan secara efektif. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi manfaat dan implementasi In House Training yang dapat memberikan keuntungan signifikan bagi perusahaan.

Pengertian in house training menurut para ahli, salah satunya diungkapkan oleh Nawawi. Definisi menurut beliau yaitu usaha meningkatkan pengetahuan serta skill guru dalam bidang tertentu menyesuaikan tugasnya supaya mampu meningkatkan efisiensi sekaligus produktivitasnya.

Terlihat bahwa fokus pengertiannya ditujukan pada lingkup pendidikan. Tapi, sebenarnya pelatihan ini bukan hanya kerap menjadi agenda rutin sekolah bagi guru saja, melainkan juga organisasi tertentu serta perusahaan. Berikut uraian lebih lengkap mengenai manfaat IHT.

Peningkatan Produktivitas

Materi In House Training

In house training memungkinkan perusahaan memberikan pelatihan yang disesuaikan dengan keperluan spesifik serta lingkungan kerja yang unik. Dengan demikian, karyawan dapat mengembangkan keterampilan yang relevan dan meningkatkan efisiensi kerja mereka.

Hal ini pada akhirnya meningkatkan produktivitas secara keseluruhan. Jadi, ketika ada seseorang bertanya apa manfaat IHT? Salah satu jawabannya adalah mampu meningkatkan produktivitas.

Ketika karyawan menjadi lebih produktif dan mampu menyelesaikan segala tugas yang diberikan dengan lebih efektif, akan membuat mereka lebih termotivasi untuk selalu bekerja keras. Motivasi seperti ini bisa ditumbuhkan salah satunya lewat kegiatan IHT.

Manfaat satu ini sesuai dengan pengertian in house training menurut para ahli, Nawawi. Saat kegiatan IHT yang dijalankan berhasil nantinya mampu mengurangi tingkat resign, meningkatkan kepuasan dalam bekerja, mengurangi jumlah absensi serta meningkatkan loyalitas mereka.

Keberhasilan implementasi in house training tidak hanya membuat karyawan mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu saja. Tapi, pekerjaan yang mereka hasilkan menjadi lebih berkualitas.

Tentu hal seperti ini menjadi kabar baik bagi perusahaan. Sebab, akan membuat target atau tujuan yang diharapkan oleh perusahaan menjadi lebih cepat tercapai. Untuk mengupayakannya tidak cukup bila menerapkan sistem kerja yang baik saja.

Karyawan memberikan peran sangat penting demi kemajuan perusahaan. Walaupun sistem kerjanya sangat baik, bila para karyawan tidak mampu merealisasikannya akan sulit bagi perusahaan mencapai targetnya.

Meningkatkan Keahlian dan Pengetahuan

meningkatkan kinerja karyawan

Melalui implementasi in house training, perusahaan dapat menyediakan pelatihan yang tepat untuk mengisi celah pengetahuan dan keterampilan dalam organisasi. Dengan meningkatkan keahlian karyawan, perusahaan dapat menghadapi persaingan dengan lebih baik.

Selain itu, bisa mengadaptasi diri terhadap perubahan pasar. Manfaat satu ini relevan dengan pengertian in house training menurut para ahli, yakni Nawawi. Program IHT mampu membantu meningkatkan keahlian karyawan di bidang tertentu, baik itu bersifat teknis maupun non-teknis.

Biasanya pelatihan dalam upaya memperoleh manfaat satu ini menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Bisa saja perusahaan mengadakan pelatihan dengan tujuan mempermudah penyelesaian masalah yang sedang dihadapi.

Bisa juga tujuannya untuk meningkatkan kualitas perusahaan dan ingin dikembangkan menjadi skala lebih besar. Untuk mencapai hal ini tidak cukup bila yang diberikan pelatihan hanya pimpinan saja.

Tapi, para karyawan yang nantinya menjadi pihak pengeksekusi setiap kebijakan juga sangat penting diberikan pelatihan supaya kinerja mereka lebih baik lagi. Mengenai keahlian bidang tertentu di maksud jenisnya beragam.

Misalnya, pelatihan in house training berhubungan dengan peningkatan skill desain grafis. Berarti, harapan bagi peserta setelah selesai mengikuti kegiatan adalah skill desain grafisnya meningkat.

Bila peserta yang mengikuti program pelatihan masih sangat awam mengenai desain grafis, berarti menambah pengetahuan sekaligus skill. Kemudian bisa ditingkatkan lagi pengetahuan dan keahlian desain grafisnya pada pelatihan tahap lanjutan.

Penguatan Tim

Tema In-House Training

In house training tidak hanya meningkatkan kemampuan individu, tetapi juga memperkuat keterikatan dan kerja sama dalam tim. Pelatihan yang dilakukan bersama-sama membangun kebersamaan, saling pengertian, dan memperkuat hubungan antar karyawan.

Ini akan berdampak positif pada kolaborasi dan kinerja tim secara keseluruhan. Setiap karyawan memang memiliki tugas dan perannya masing-masing di dalam sebuah perusahaan. Tapi, tidak bisa dipungkiri bahwa seringkali ada pekerjaan yang mengharuskan untuk dikerjakan secara tim.

Ketika seluruh anggota tim saling pengertian satu sama lain, tugas yang diberikan akan selesai dengan lebih cepat. Tidak hanya cepat, tapi hasil pengerjaannya lebih berkualitas. Kalaupun mengalami kendala, karena team work yang terjalin baik, akan saling menguatkan satu sama lain.

Kebiasaan seperti ini akan efektif dalam upaya memajukan perusahaan menjadi lebih berkualitas. Sebab, produktivitas team work meningkat dan pengerjaan proyek lebih efisien waktu. Kebiasaan membangun kerja sama tim yang baik juga akan membantu permasalahan individu.

Ketika tugas individu terkendala, bisa meminta bantuan mereka supaya lebih cepat terselesaikan. Mereka bisa diajak berdiskusi untuk mengatasi permasalahan yang sedang dialami. Manfaat seperti inilah yang membuat implementasi in house training akhirnya dijadikan agenda pelatihan rutin.

Terutama bagi perusahaan yang pekerjaannya lebih banyak team work. Pelatihan IHT cocok dijadikan opsi pelatihan karyawan yang jalinan kerja sama timnya masih sangat buruk. Perusahaan bisa mencoba mengatasi kerja sama buruk lewat program pelatihan IHT.

Pengembangan Budaya Perusahaan

hasil kegiatan in house training

In house training dapat digunakan sebagai alat untuk mengomunikasikan nilai-nilai dan budaya perusahaan kepada karyawan. Melalui pelatihan yang disesuaikan, perusahaan dapat memperkuat identitas.

Selain itu juga mampu mengarahkan perilaku para karyawan agar sesuai dengan tujuan serta nilai-nilai organisasi. Sebagaimana kita tahu bahwa setiap perusahaan itu memiliki budaya berbeda-beda yang harus ditaati oleh seluruh karyawan.

Tentu saja budaya yang diterapkan sifatnya positif. Manfaat in house training seperti ini mampu mengurangi potensi para karyawan mengalami stress. Sebab, perusahaan dengan budaya positif akan senantiasa fokus kepada bagaimana cara menjaga kesehatan para karyawan.

Baik itu kesehatan dari segi fisik maupun mental. Kesehatan para karyawan sangat berpengaruh terhadap kualitas kinerja dan produktivitas mereka. Terkadang informasi nilai dan budaya perusahaan itu kurang efektif bila hanya disampaikan secara singkat saat pengenalan.

Biasanya informasi nilai sekaligus budaya perusahaan itu penyampaiannya saat karyawan baru pertama kali masuk. Supaya penerapan nilai dan budayanya benar-benar dilaksanakan dengan baik, menyediakan pelatihan IHT bagi mereka bisa menjadi salah satu solusi terbaik.

Hemat Biaya dan Fleksibilitas

Dengan mengadakan pelatihan internal, perusahaan dapat menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk mengirim karyawan ke pelatihan eksternal. Selain itu, in house training memberikan fleksibilitas dalam menyesuaikan jadwal dan konten pelatihan sesuai kebutuhan.

Ketika perusahaan mengadakan IHT atau pelatihan internal, hanya perlu membayar satu vendor dan satu pembicara saja, sehingga lebih menghemat budget. Selain itu, biasanya tidak perlu tarif sewa ruangan.

Sebab, seringkali perusahaan menggunakan ruangan kosong tersedia di kantor mereka untuk in house training. Jadi, tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk sewa ruangan. Selain itu, karyawan tidak perlu bingung memikirkan masalah transportasi menuju tempat pelatihan.

Berbeda ketika pendaftaran pelatihannya di luar, biasanya akan dikenai tarif lebih mahal dan tidak menjamin efektif. Belum lagi ketika akses menuju lokasi pelatihan cukup sulit ditempuh, bisa karena macet, kondisi medannya buruk atau jaraknya sangat jauh.

Menariknya lagi, perusahaan bisa memilih jadwal serta materi pelatihan sesuai kondisi sekaligus kebutuhannya, sehingga menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif. Custom materi seperti ini tentunya akan lebih tepat sasaran.

Apakah Anda sedang ragu memilih penyedia layanan pelatihan IHT karena khawatir kualitasnya buruk? Dapatkan pelatihan in house training terpercaya dan berpengalaman bersama Ferdie Soethiono dengan cara mengirimkan email lewat ferdie.leaderslead@gmail.com.

Baca juga : Tema In-House Training untuk Peningkatan Kinerja Pekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *