Berikut Cara Belajar Public Speaking dan Manfaatnya

cara belajar public speaking

Memahami cara belajar public speaking pada jaman sekarang memiliki banyak keuntungan. Apalagi public speaking ini bukanlah kemampuan bawaan sejak lahir. Tetapi perlu konsisten untuk melakukan latihan.

Sekedar menyampaikan informasi saja tidak cukup. Anda harus menguasai beberapa teknik penyampaian informasi secara tepat. Seorang pembicara dapat dikatakan berhasil apabila informasi dapat diterima dengan baik oleh audiens.

Menjadi pembicara tidaklah sulit jika menguasai cara belajar public speaking secara tepat. Oleh karena itu perhatikan hal-hal berikut agar Anda bisa menjadi pembicara yang hebat.

Hal yang Harus Dimiliki Public Speaker

training on public speaking
Microphone with Crowd

Belajar menjadi pembicara artinya ingin memiliki kemampuan menyampaikan pesan yang enak didengar. Tentunya hal ini akan bermanfaat ketika suatu hari Anda diminta menjadi pembicara di suatu acara.

Sebagai manusia memang diwajibkan memiliki kelihaian dalam berkomunikasi. Dengan demikian, Anda harus bersiap memahami beberapa cara untuk menguasai teknik public speaking yang baik. Makanya pembicara harus memiliki ciri-ciri berikut.

1. Memiliki Sudut Pandang Lain

Dengan memiliki sudut pandang lain, pendengar Anda akan mendapatkan materi fresh, tidak bosan oleh penyampaian itu-itu saja. Keuntungan lainnya Anda sebagai pembicara akan disukai audiens.

Saat menyampaikan suatu pemikiran yang belum pernah dipikirkan orang lain, harus diimbangi dengan menjelaskan detil-detil agar pesan dapat tersampaikan. Anda bisa memperluas wawasan untuk membawakan sudut pandang baru.

2. Memiliki Karakter

Cara belajar public speaking diimbangi dengan memiliki karakter, agar mudah menarik perhatian pendengar. Misalnya Anda membangun persona sebagai pembicara tegas. Hal ini menguntungkan Anda dari segi personal branding.

Tidak menunjukkan keraguan ketika berbicara sanggup membuat orang-orang fokus dalam mendengarkan Anda. Jadi ketegasan merupakan hal penting yang harus dikembangkan. Tegas bisa diartikan dalam berbicara serta pembawaan.

3. Pandai Menyisipkan Humor

Bersikap tegas harus diimbangi dengan pandai mengetahui timing tepat dalam menyisipkan humor. Cara belajar public speaking melalui humor bertujuan agar pendengar tidak selalu tegang pada sesi acara.

4. Memahami Kondisi Pendengar

Memahami kondisi dimaksudkan pada saat sedang memberikan arahan yang serius, jangan terlalu bertele-tele. Kemungkinan hal tersebut akan membuat pendengar mengantuk, sehingga sebagai pembicara harus memahami kondisi.

Baca juga : Pentingnya Belajar Skill Public Speaking dari Nol

Berbagai Metode Public Speaking Berikut

Mempelajari teknik berbicara selanjutnya dengan memahami metode-metodenya. Cara ini dapat dipakai sesuai dengan kondisi. Memahami empat metode public speaking akan membantu Anda menjadi seorang pembicara hebat.

1. Metode Impromptu

Metode ini dilakukan dengan cara melakukan public speaking tanpa adanya naskah. Bahkan tidak ada catatan tentang materi yang dipelajari. Biasanya metode ini dilakukan saat kondisi terdesak untuk menyampaikan sebuah informasi.

Keuntungan melakukan metode impromptu, selain berbicara secara spontan adalah kapasitas sebagai pembicara dapat terbaca. Pesan yang disampaikan tampak natural tanpa dibuat-buat. Kreatifitas akan terasah karena terus-menerus berpikir selama proses berbicara

2. Metode Reading Manuscript

Cara belajar public speaking dengan metode ini dapat dicoba oleh pemula. Menyiapkan naskah mamu menghindari kesalahan terutama dalam acara resmi, seperti pengumuman tentang kebijakan publik.

Rasa cemas akan teratasi dengan membaca naskah. Selain itu, kalimat yang disusun lebih terstruktur. Risiko topik yang melebar kemana-mana juga dapat terminimalisir, serta memperlancar pengungkapan makna pesan.

3. Metode Hafalan

Bedanya dengan metode impromptu, metode hafalan telah menyiapkan teks sebelumnya. Namun ketika harus melakukan presentasi, Anda tidak lagi memakai teks. Cara belajar public speaking satu ini dapat dikatakan menantang.

Metode ini disarankan hanya bagi Anda yang memiliki ingatan tajam. Kesan yang dikeluarkan pembicara memang akan tampak berwibawa. Selanjutnya, pembicara akan terlihat cerdas dan mampu menyampaikan pesan secara sistematis.

4. Metode Notes

Cara belajar public speaking paling mudah adalah membuat kisi-kisi atau outline. Penjelasannya akan dikembangkan oleh Anda sendiri ketika berada di atas panggung. Metode ini menjaga interaksi dengan audiens lebih baik.

Cara untuk Kuasai Teknik Public Speaking

Keberhasilan dalam kemampuan berbicara tidak hanya berani tampil di hadapan umum. Namun sebenarnya tidak hanya tampil, bagaimana cara menyampaikan informasi jauh lebih penting. Berikut tips public speaking yang tepat wajib Anda perhatikan.

1. Menguasai Materi Pembahasan

Tujuan berbicara di depan umum tentunya untuk menyampaikan sebuah informasi. Sehingga Anda wajib menguasai topik terlebih dulu sebelum menyampaikannya. Anda bisa melakukannya dengan memakai metode notes.

Masalah umum yang terjadi pada seorang pembicara adalah kesulitan mengendalikan rasa gugup. Dengan membuat catatan kecil, Anda tidak akan lupa pada materi yang akan dibawakan. Namun sebaiknya dikuasai terlebih dulu.

2. Melatih Keterampilan Bicara

Cara belajar public speaking tidak lain dengan melatih kemampuan berbicara di depan umum. Pembicara akan terlihat profesional apabila skill komunikasinya terasah. Hal yang harus diperhatikan adalah intonasi, gestur, serta artikulasi.

Cara melatih keterampilan komunikasi bisa dengan berlatih di depan cermin. Dengan begitu, Anda dapat menilai kekurangan diri sendiri. Selain itu, memerhatikan public speaker lain juga dapat menambah pengetahuan dalam berkomunikasi.

3. Memakai Bahasa yang Mudah Dipahami

Di samping melatih kemampuan berkomunikasi, cara belajar public speaking adalah memerhatikan gaya bahasa saat di hadapan audiens. Memakai bahasa yang mudah dipahami sangat berguna bagi Anda, serta memudahkan pendengar mencerna informasi.

Kurangi penggunaan istilah asing atau bahasa serapan. Gunakan kalimat efektif, supaya dapat tepat sasaran. Ingat bahwa tujuan menjadi pembicara adalah menyampaikan sebuah informasi tepat sasaran.

4. Melatih Jeda dan Intonasi

Pembicara yang handal tidak membuat suara jeda seperti “eem, eee,” atau sejenisnya. Dari sisi pendengar, hal tersebut dapat memecah konsentrasi. Intonasi teratur berpengaruh pada sikap natural saat menyampaikan pesan.

Manfaat Memahami Cara Belajar Public Speaking

Setelah memahami berbagai cara belajar public speaking di atas, perlu diketahui bahwa mempelajarinya ada sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan. Terutama dalam dunia kerja, skill public speaking sangatlah dibutuhkan.

Manfaat public speaking yang pertama adalah meningkatkan kepercayaan diri. Dimana hal tersebut tidak hanya dilakukan di depan umum, namun dapat dilakukan saat sedang menghadapi investor bisnis.

Percaya diri dalam menyampaikan sesuatu dapat membantu karir Anda. Oleh karena itu, ini menjadi hal yang harus diperhatikan para pembicara. Dengan memelajari public speaking, rasa percaya diri akan timbul.

Selanjutnya, belajar menjadi seorang pembicara akan melatih jiwa leadership. Kemampuan ini dapat membantu mengontrol diri saat membawakan informasi. Sehingga akan memupuk jiwa kepemimpinan dalam diri Anda.

Melatih public speaking sanggup mengatasi masalah saat kesulitan menyampaikan sebuah ide. Akan tetapi jika sudah berhasil memberitahu ide atau pendapat dengan baik, Anda akan dianggap sebagai pribadi yang kompeten.

Untuk mendapatkan perhatian audiens, Anda harus pandai membungkus sebuah informasi dengan baik. Misalnya cara bicara, pemilihan kata, struktur kalimat, semuanya harus diperhatikan agar menarik di telinga audiens.

Bersama Pak Ferdie Soethiono, tujuan sebagai public speaker dapat diraih. Kami berpengalaman sebagai pembicara, Anda akan dibantu mentor profesional cara belajar public speaking, info selanjutnya kunjungi https://ferdiesoethiono.com/ atau email ke ferdie.leaderslead@gmail.com.

Baca juga: Mentor and Coach Public Speaking Seminar Kampus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *