Arti dan Tugas Law Firm, Pahami Biar Tahu Saat Membutuhkan

arti dan tugas law firm

Jika sedang berada dalam masalah hukum, dan kita kurang mengenal tentang hukum. Maka kita butuh law firm. Apa arti dan tugas law firm, pembahasannya akan ada dalam tulisan ini.

Law firm, atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah firma hukum. Merupakan sebuah lembaga yang memberikan bantuan pelayanan, untuk segala urusan yang berkaitan dengan dunia hukum.

Saat ini jumlah law firm di Indonesia sudah banyak. Penyebabnya karena semakin banyak orang yang membutuhkan penyelesaian untuk permasalahan hukum yang sedang dihadapi.

Pertumbuhan ini juga seiring dengan makin banyaknya permintaan pendampingan klien saat sedang menghadapi proses sidang. Sebab, banyak klien dari law firm yang kurang paham akan dinamika hukum.

Indonesia sendiri adalah sebuah negara hukum. Jadi semua aktivitas harus berjalan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. Sehingga, jika Anda tidak sesuai dengan hukum, maka Anda terlibat pelanggaran hukum.

Banyak yang terlibat dalam bidang hukum ini. Mulai dari Anda sendiri, jika terkena masalah hukum. Kemudian pihak yang selisih paham dengan Anda. Hakim, panitera, dan seluruh pihak pengadilan.

Tak lupa juga aparat seperti Polisi yang melakukan pemeriksaan pendahuluan saat ada pelanggaran hukum, dan hasil pemeriksaan tersebut akan diberikan kepada pihak pengadilan untuk pertimbangan keputusan.

Untuk posisi law firm sendiri dibutuhkan ketika ada yang membutuhkan bantuan hukum. Baik itu bantuan konsultasi, maupun untuk membantu klien menghadapi sidang yang berlangsung.

Agar Anda mengetahui lebih dalam tentang arti serta tugas law firmini. Anda perlu membaca apa yang kami tuliskan pada pembahasan berikutnya.

Kenali Arti dan Tugas Law Firm

Jika Anda masih awam dengan isitilah law firm, itu merupakan hal yang wajar. Sebab hingga saat ini masih banyak yang belum tahu mengenai usaha law firm ini. Sehingga Anda perlu tahu arti dan tugas law firm.

Pada dasarnya law firm ini adalah sebuah perusahaan yang memberikan jasa pada bidang pelayanan bantuan hukum. Bantuan yang diberikan bisa melalui jalur litigasi, dan non litigasi.

Litigasi sendiri merupakan jalu penyelesaian masalah hukum melalui jalur peradilan. Jadi jika Anda lebih memilih lewat jalur mediasi, dan negosiasi, Anda memilih jalur non litigasi.

Law Firm ini melibatkan lebih dari satu orang untuk terlibat di dalamnya. Pembeda terjadi saat pembahasan pengelolaan kantor, yakni dengan adanya solo law firm, dan partnership law firm.

Jika pengelolaan kantor beserta tanggung jawab lainnya hanya ditanggung oleh satu orang, maka firma hukum tersebut merupakan solo law firm. Apabila lebih dari satu orang, maka partnership law firm.

Untuk pengertiannya sudah, untuk berikutnya membahas arti dan tugas law firm, kita akan menuju kepada pembahasan tentang tugas yang dijalankan oleh law firm, berikut adalah tugas-tugasnya:

1. Pemberian Sesi Konsultasi

Ketika hendak menyelesaikan sebuah perkara, seorang klien tentu butuh untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu. Apa saja yang perlu disiapkan serta berbicara mengenai risiko. Ini adalah salah satu arti dan tugas law firm.

Risiko yang dimaksud di sini adalah untuk meminimalisir. Jadi jika dalam sebuah pengadilan Anda kalah, maka tuntutan yang Anda terima sangat dapat dikurangi.

2. Membela Klien dengan Dasar Hukum yang Jelas

Seorang klien yang menggunakan firma hukum , tentunya ingin memenangkan perkara yang sedang dihadapi. Oleh karena itu, firma hukum berkewajiban untuk membela klien.

Namun pembelaan harus dengan dasar yang jelas, bukan hanya sekedar membela, sebab akan menjadi sebuah pelanggaran hukum apabila membela tanpa dasar hukum.

3. Penyusunan Kontrak Perjanjian

Jika proses pengadilan telah selesai, akan ada tuntutan yang harus dipenuhi oleh pihak yang kalah dalam proses pengadilan. Segala tuntutan serta perjanjian yang dibuat akan dibantu oleh pihak firma hukum. Sehingga dengan menggunakan firma hukum ini, beban Anda dalam menghadapi pengadilan dapat berkurang.

Apabila Anda masih ragu dengan masalah yang Anda hadapi saat ini, Anda bisa langsung menghubungi Ferdie Soethiono untuk lebih dapat menjabarkan proses hukum, langsung klik di http://ferdiesoethiono.com atau kontak melalui alamat email mailto:ferdie.leaderslead@gmail.com.

Itulah tentang arti dan tugas law firm. Pada intinya tugas law firm ini membantu Anda untuk menyelesaikan masalah hukum yang terjadi kepada Anda dengan dasar hukum yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *